Home » » Sejuta Pesona Kawah Ijen

Sejuta Pesona Kawah Ijen

Sejuta-Pesona-Pegunungan-Ijen

Danau Kawah Ijen dan Hamparan Kaldera yang Menakjubkan


Bandung, 13 May 2013-Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan perjalanan wisata gunung menuju Jawa timur, tepatnya Bondowoso. Di sana, banyak terdapat tempat wisata alam yang belum terjamah. Atau lebih tepatnya belum diketahui oleh banyak orang. Di sini, saya akan coba berbagi dengan anda. Jika anda sudah pernah ke sini, saya ucapkan selamat, karena anda sudah pernah mencicipi pengalaman luar biasa. Dan jika belum, semoga suatu hari nanti, anda akan sampai juga ke tempat ini. saya do'a kan, semoga....

Destinasi saya yang pertama ialah Ijen. Gunung ijen, atau yang lebih dikenal dengan Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata alam pegunungan yang patut mendapat tempat di daftar atas perjalanan wisata anda. Betapa tidak, suguhan pemandangan menyejukkan mata menyaksikan air danau berwarna hijau tosca, dan sederetan pegunungan menjadi pesona luar biasa ketika anda berada di puncak kawah. Tidak itu saja, hamparan kaldera di sekeliling kawah membentuk pahatan alam sekaligus menjadi dinding bagi danau belerang, ikut memanjakan kepuasan anda. Rasa capek dan lelah akan terbayar manakala anda sampai di bibir Danau Kawah Ijen, kawasan dimana para penambang belerang melakukan aktifitas keseharian mereka. Di sini anda bisa menikmati riak air danau sambil duduk di gundukan batu-batu belerang.

Jika persiapan anda memadai, secangkir kopi akan terasa nikmat ditemani hembusan angin sepoi-sepoi. oh, sungguh indahnya....
sejuta-pesona-kawah-ijen
Lanscape Kawah Ijen Tampa Atas
Sejuta-Pesona-Pegunungan-Ijen.html
Gunung Ijen Tampak dari Kejauhan
 Jalur Menuju Wisata Ijen
Kawasan wisata kawah ijen terletak di Kab. Banyuwangi, Jawa Timur berbatasan langsung dengan Kab. Bondowoso. Secara geografis gunung ijen berada di Cagar Alam Taman Wisata Ijen, wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.
Untuk mencapai kawah ijen, ada beberapa rute yang bisa anda lewati, yaitu dari arah Bondowoso dan dari Banyuwangi. Jika anda dari arah barat, melewati Surabaya menuju Bondowoso sekitar 200 km, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju wonosari-sempol dan terakhir Paltuding sebagai pintu gerbang utama menuju Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen, dan sekaligus Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Lama perjalanan lebih kurang 2 jam, atau 50 km dengan medan berkelok dan menanjak hingga Paltuding. Sampai di sini, kendaraan anda bisa parkir, dan juga tersedia pondok wisata dan warung, yang menyediakan pelengkapan pendakian.

Seorang Pendaki G. Ijen
Dari Paltuding, perjalanan akan diteruskan menuju puncak dengan berjalan kaki lebih kurang 3 km atau 2 jam perjalanan. Lintasan awal sejauh 1,5 km hingga Pos 1 terasa cukup berat, hal ini dikarenakan jalur yang harus dilewati menanjak. Selain itu struktur tanah berpasir dengan kemiringan 25-35 derajat membuat pendaki harus lebih ekstra hati-hati menahan bobot tubuh agar tidak terpeleset. Sampai di Pos 1 (Pos Bunder), anda bisa beristirahat sejenak, melepas lelah. Di sini terdapat warung, satu-satunya, menyediakan aneka makanan ringan sekadar pengganjal perut untuk cadangan tenaga. Perjalanan selanjutnya relatif mudah karena medan yang ditempuh cukup landai. Di jalur ini hingga mencapai puncak, anda akan disuguhi pemandangan pegunungan Bromo dari kejauhan dan juga hamparan yang ditumbuhi bermacam pohon. Kabut tipis di sela dedauanan semakin menambah kesan dramatis.

Sejuta-Pesona-Pegunungan-Ijen.html
Penambang Menimbang berat Belerang di Pos 1
Namun, yang menarik untuk diperhatikan, disepanjang perjalanan, anda akan bertemu dengan para penambang yang memikul beban di bahu kiri dan kanan seberat hingga 90 kg dari dasar kawah menuju Paltuding, dengan jarak kira-kira 4 km. Yang lebih membuat anda terenyuh ialah deru nafas mereka yang terdengar jelas di telinga. Sementara yang hasil yang didapat tidak lebih dari Rp. 700/kg belerang. Sebuah perjuangan maha berat demi hidup dan keluarga.





Akhirnya, dengan segala cerita perjalanan saya menuju kawah ijen di atas, bagaimana dengan anda?
kapan anda berkunjung ke sini? 
tapi jangan lupa, kemanapun anda pergi, selalu bawa kamera, simpan kenangan anda, kalau perlu tuliskan di buku. jika anda berkenan, berbagi lah kepada yang lain, kirimkan tulisanmu ke sini, dan kami akan share ke teman2 pencinta alam lainnya...
akhir kata, wassalam.

bakelok.blogspot.com



0 comments:

Post a Comment

 
Support : Fitness | G-Store | Toolfit
Copyright © 2013. Bakelok - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger